Langsung ke konten utama

Postingan

Itung-itung Dana Untuk Lebaran

Itung-itung Dana Untuk Lebaran perlu dilakukan jauh-jauh hari. Selama bulan puasa dan lebaran nanti akan ada biaya-biaya yang akan keluar diluar pengeluaran rutin. Itulah fungsi dari THR sebenarnya. Dana Tunjangan Hari Raya diharapkan mampu untuk membiayai kebutuhan lebaran. Idealnya jangan sampai menggunakan pos yang lain ya, cukupkan biaya pengeluaran lebaranmu dengan dana tunjangan hari raya yang diberikan oleh tempatmu bekerja. Jadi untuk persiapan lebaran yang terpenting adalah siapkan dananya dulu ya.

Yuk dilist dahulu biaya lebaran apa aja: 1. Biaya mudik Tentukan dari 3 bulan sebelum lebaran, apakah akan mudik menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum. Karena tiket untuk lebaran sudah bisa dipesan 3 bulan sebelumnya untuk yang mau menggunakan moda kereta api. Hitung juga jika menggunakan kendaraan umum apakah nanti di kota tujuan akan menyewa mobil untuk berkendara disana. Silahkan dihitung-hitung lebih murah yang mana. Tapi jangan lupa ya menyetir saat mudik …

Atur Uang Jajan untuk Anak

Atur uang jajan untuk anak itu ternyata penting, karena termasuk pengeluaran rutin setiap bulannya.
Uang jajan untuk anak tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak. Dan tiap-tiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

Berikut 5 tips atur uang jajan untuk anak: 1. Sesuaikan dengan usia anak. Usia TK, SD, SMP, SMU bahkan kuliah tentunya berbeda jumlah uanb jajan yang diberikan. Untuk usia TK uang jajan sebaiknya masih dipegang oleh orang tua karena anak masih belum mengenal uang. Namun tetap dibatasi, jangan setiap keinginan anak untuk jajan dipenuhi. Orang tua harus menetapkan jumlah uang jajan yang wajar, jangan lupa jenis jajanan juga harus dipantau ya. Yang cocok untuk usia dibawah lima tahun, karena banyak snack yang sebenarnya tidak cocok untuk usia di bawah 5 tahun dan tertera pada bungkusnya walau tertulis sangat-sangat kecil. 2. Sesuaikan dengan lingkungan sekolah anak. Anak bersekolah di sekolah negeri atau swasta juga berpengaruh dengan nominal uang jajan …

Ingin Belajar tapi Gak Mau Keluar Uang?

Ingin belajar tapi gak mau keluar uang? Bisa banget kok. Apalagi di tengah wabah corona ini, penghematan mesti extra diperketat ditambah kita gak bisa keluar rumah kan. Sekolah-sekolah sudah diliburkan entah sampai kapan. Tahun ajaran baru juga tidak jelas bagaimana nasibnya, membuat semakin galau yang saat ini akan masuk tahun ajaran baru untuk membayar biaya masuk pendidikan yang tidak bisa dibilang murah ya. 
Lalu apa yang bisa kita lakukan ditengah pandemi corona ini. Belajar mesti jalan terus kan? Belajar sendiri saja di rumah. Aplikasi layanan belajar di rumah yang dulu tidak pernah ditengok, mungkin saat kini untuk mulai dicoba dan digunakan. Pemerintah pun juga tidak tinggal diam memanfaatkan jaringan televisi milik pemerintah untuk menayangkan pembelajaran di rumah setiap harinya. 

Berikut jadwal TVRI yang dapat ditonton guna membantu belajar di rumah:
*08.00 - 08.30 - PAUD* *08.30 - 09.00 - Kelas 1 - 3* *10.00 - 10.30 - Kelas 4 - 6* *10.30 - 11.00 - SMP* *14.00 - 14.30 - SMA* *14.30…

Menekuni Hobi Itu Bikin Boros Aja atau Malah Bisa Nambah Duit?

5 Hal yang Mesti Dipahami dalam Menekuni Hobi Itu, Bikin Boros Aja atau Malah Bisa Nambah Duit? 
Apalagi di masa pandemi ini ya...
Kalau menurut aku pribadi nih, menekuni hobby itu tergantung bagaimana kita memandangnya dan memaknainya. Hobby yang sama jika dilakukan oleh orang yang berbeda, yang satu bisa bikin nambah duit sedangkan yang lain cuma bikin boros aja. 


Yuk simak 5 hobby yang akan aku ulas dibawah ini, kamu mau jadikan untuk nambah duit atau cuma membuat bengkak pengeluaran kamu saja.
1. Travelling Travelling pasti butuh uang donk. Jadi pos pengeluaran untuk travelling perlu dipersiapkan dari awal. Bagaimana caranya menjadikan travelling ini hobi yang menghasilkan? Kamu bisa bikin vlog tentang perjalanan kamu ini. Blog juga bisa, kamu tuliskan tentang tempat-tempat berkesan selama perjalanan kamu   jangan lupa foto-fotonya ya. Kalau vlog atau blog kamu banyak yang melihat dan membacanya, lumayan nih nanti banyak yang mau pasang iklan di akun youtube atau blog kamu. 
2. Belanja Y…

5 Cara Menambah Pemasukan Uang di Tengah Wabah Corona

5 Cara menambah pemasukan uang di tengah corona, bagaimana caranya ya? Ketika kita diharuskan berada di dalam rumah, apa iya ada yang bisa kita lakukan untuk menambah pemasukan uang? 
sumber : www.pixabay.com

Kamu bisa memanfaatkan waktu kamu di rumah dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat menghasilkan uang. Kegiatan yang selama ini kamu sukai sebenarnya namun terkendala tidak ada waktu karena kesibukanmu di luar sana.
Yuk coba diingat-ingat hobby kamu yang terbengkalai dimana kalau kamu seriusin bisa menghasilkan pundi-pundi uang loh. Aku coba bantu tuliskan ya 5 hobby yang mungkin sudah kamu lupakan.
1. Menulis  Dengan banyaknya waktumu di rumah, kamu bisa menulis dengan lebih leluasa. Menulis apa saja yang kamu suka. Bisa menulis di blog, menulis cerpen, menulis puisi, menulis novel atau bahkan menerbitkan sebuah buku. Banyak sekali lomba blog, cerpen, puisi dan novel yang bisa kami ikuti, lumayan juga hadiahnya. Belum lagi kalau kamu bisa menerbitkan buku kamu dan menjadi best s…

5 Tips Hidup Sehat tanpa Kantong Bolong

5 Tips hidup sehat tanpa kantong bolong itu bisa banget loh. Hemat boleh tapi kesehatan tetap nomer 1 ya. Karena kalau sakit semua yang sudah dihemat-hemat atau disisihkan untuk tabunganmu bisa keluar lagi dengan sekejab mata untuk membiayai penyakitmu. Tabungan dan dana daruratmu menguap begitu saja. Gak mau kan kayak begitu? 


Jadi bagaimana caranya hidup sehat tanpa bikin kantong bolong?
Yuk simak,
5 Tips Hidup Sehat tanpa Kantong Bolong dari mama angrumaoshi ya
1. Makan Teratur dan Bergizi Tips sehat itu mudah, dimulai dari makanan. Makanlah 3x sehari, di pagi hari layaknya raja, di siang hari layaknya prajurit dan di malam hari layaknya pengemis. Maksudnya gimana tuh? Sarapan itu jangan tertunda atau terlewat, makanlah yang banyak dan bergizi untuk asupan melewati aktivitas seharian ini. Begitu pula makan siang. Namun unuk malam hari makan sedikit saja seperti pengemis, karena malam kan kita hanya tidur sehingga tidak perlu banyak energi. Sehat iya berat badan berlebih juga menjauh…

5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020

5 trik cara untuk biayai liburan di tahun 2020 bisa kamu simak disini. Tahun 2020 sudah 3 bulan terlewati nih. Kamu udah nabung belum untuk liburan kamu di tahun ini? Sudah tentukan destinasi wisata travelling impian kamu? Sudah tau berapa nominal yang harus kamu siapkan?
5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020: Cek Rencana Pemasukan Dalam setahun ini kira-kira ada pemasukan diluar gaji bulanankah? Misal Bonus, THR, Gaji ke-13, atau usaha sampingan. Coba kamu hitung, apakah cukup untuk membiayai liburan impian kamu. Cek Rencana Pengeluaran Kalau pengeluaran non rutin, adakah? Coba dihitung dan kurangilah dari rencana pemasukan non rutin kamu. Contoh pengeluaran non rutin nih, karena kebanjiran kemarin jadi harus keluar biaya extra untuk membeli/memperbaiki barang-barang yang rusak, membeli barang impian kamu dan lainnya.  Cek Nominal TabunganKamu rela gak kuras tabungan demi untuk membiayai liburan kamu? Jangan lupa tetap disisakan untuk dana darurat ya. Tabungan tetap harus ad…

5 Tips Hitung Biaya untuk Liburan Kamu

5 tips hitung biaya untuk liburan kamu du tahun 2020 ini. Waw sudah bulan Maret, tinggal 9 bulan lagi di tahun 2020 ini. Masih semangat untuk liburan 2020? Walau ada virus corona, liburan tetap perlu ya, supaya seimbang hidupnya karena dengan liburan dapat merecharge pikiran, jiwa dan raga dari rutinitas kita sehari-hari.
Sudah tentukan belum destinasi wisata untuk lokasi traveling impian kamu di tahun 2020 ini? 

Setelah tentukan lokasi, baru deh bisa kamu hitung-hitung biaya apa saja ya yang keluar. 

5 tips atur biaya untuk liburan kamu: TransportasiAda biaya transportasi menuju lokasi wisata, ada pula biaya transportasi selama di kota/negara wisata tersebut. Misalnya kamu mau ke Bali, transportasi menuju Bali bisa via udara/darat+laut (membawa kendaraan pribadi), transportasi selama di Balinya apakah akan menyewa mobil/motor atau dengan kendaraan pribadi. Pesanlah tiket jauh-jauh hari untuk berburu tiket murah dan googlinglah promo-promo yang sering disediakan oleh berbagai aplikasi dan…

5 Hal tentang SR012 (Obligasi Negara Ritel Indonesia berbasis Syariah) yang Kamu Perlu Tahu

5 Hal tentang SR012 (Obligasi Negara Ritel Indonesia berbasis Syariah) yang kamu perlu tahu nih teman-teman.

24 Februari 2020 mulai ditawarkan SR012 ! Yuk siap-siap sisihkan gajimu untuk investasi disini khususnya yang nyaman dengan berbasis syariah.  Ada yang belum tau SR itu apa? 
Yuk simak 5 hal yang kamu perlu tau tentang SR. Pengertian SR.SR adalah kepanjangan dari Sukuk Ritel / Sukri. Sukuk (bahasa Arab: صكوك‎, bentuk jamak dari صك Shak, "instrumen legal, amal, cek") adalah istilah dalam bahasa Arab yang digunakan untuk obligasi yang berdasarkan prinsip syariah.Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Jadi SR ini adalah versi syariah dari ORI (Obligasi Ritel Indonesia).Struktur akad Ijarah - Asset to be Leased digunakan dalam penerbitan SR012 ini.Dana hasil penerbitan akan digunakan …

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Obligasi

5 Hal yang perlu kamu tahu tentang obligasi sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi disana. Obligasi itu apa ya? Kok termasuk salah satu pilihan investasi.
Baca dulu:
5-jenis-investasi-yang-wajib-kamu-punya.
5 hal yang kamu perlu tahu tentang obligasi;
Jadi obligasi itu menurut mama angrumaoshi nih, bahasa mudahnya adalah surat hutang. Jadi perusahaan atau bahkan negara yang membutuhkan dana untuk operasional atau melebarkan sayap/ekspansi/belanja modal/memperbesar perusahaannya itu mengumpulkan dana masyarakat dengan cara berhutang kepada masyarakat (menerbitkan obligasi/surat hutang) yang dapat dibeli oleh masyarakat.Kalau memberikan hutang maka ada imbal hasil disana yang akan diberikan oleh si penerbit obligasi ini ke pembeli obligasi. Imbal hasil ini namanya coupon rate atau bagi hasil/fee dalam obligasi syariah. Yang diberikan sesuai perjanjian di awal, bisa setiap bulan/3bulan/di akhir/di awal masa pengembaliannya. Perjanjian terkait obligasi ini dituangkan secara lengkap pada…