Langsung ke konten utama

Jangan Malas Membaca Jika Tidak Ingin Merasa Tertipu Saat Berinvestasi

Malas membaca, sepertinya sudah menjadi kebiasaan semua orang. Terlebih jika hurufnya kecil-kecil dan banyak serta tebal. 

Coba deh, banyak pastinya diantara kita yang malas membaca Terms & Condition (T&C). Tetapi ketika sesuatu tidak berjalan dengan semestinya baru deh mencari-cari dan membaca T&C tersebut.

             sumber : www.pixabay.com

Coba ketika kita membuka rekening tabungan, ingat kan ketika diminta paraf di setiap halamannya dan tanda tangan dibanyak lembar yang adalah T&C dari produk tabungan.

Begitu pula ketika kita berinvestasi, tanda tangan ini itu, terkadang kita percaya saja dan membubuhkan tanda tangan kita. Dan ini sangat berbahaya. 

Malas membaca digabungkan dengan malu bertanya dengan apa yang tidak dipahami, klop deh. Sangat berbahaya sekali. Terkadang tingkat kepercayaan kita sangat tinggi, entah karena banyak orang juga kok yang ikutan atau ini yang menawarkan teman/saudara dekatku atau percaya sajalah perusahaan besar kok ini atau aduh males ribet, lama, tulisannya kecil-kecil dan sederet alasan lainnya. 

Hal yang paling krusial dalam berinvestasi adalah memahami produk investasi tersebut. Bagaimana cara memahaminya? Dibaca dengan seksama dan tanyakan jika ada yang tidak dimengerti. Jika masih belum paham dan mengerti, sebaiknya memilih jenis investasi yang sudah dipahami dan dimengerti. Carilah informasi mengenai produk investasi tersebut dari sumber-sumber yang terpercaya. 

Malas membaca berkaitan erat dengan rendahnya minat baca. Minat baca ini sebenarnya dapat ditumbuhkan semenjak kecil. Biasakan si kecil untuk membaca segala sesuatunya sebelum memutuskan untuk membeli. Misalnya ketika membeli jajanan, jika si kecil sudah dapat membaca ajak si kecil untuk membaca segala tulisan yang ada pada kemasan jajanan tersebut. Mulai dari yang tulisannya besar hingga yang tulisannya kecil-kecil serta diberikan pemahaman atas yang dia baca tersebut. Jika kebiasaan ini sudah dipupuk semenjak kecil, maka akan menjadi terbiasa untuk membaca seluruhnya tanpa terkecuali tulisan yang kecil atau terkadang tersembunyi. Dan kebiasaan ini akan terbawa ketika akan memutuskan untuk berinvestasi saat dewasanya. 

Jadi budaya malas membaca ini dapat dikikis sedikit demi sedikit untuk generasi kita mendatang dengan cara menumbuhkan minat membaca secara menyeluruh. Sudah merupakan tugas para orang tua dalam mendidik anaknya (parenting) dalam membentuk kebiasaan ini, supaya saat dewasanya tidak malas membaca dan memahami sehingga dapat terhindar dari keputusan berinvestasi yang salah. 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Investasi Yang Wajib Kamu Punya

5 jenis investasi yang wajib kamu punya dibahas disini nih. Setelah kamu jago  atur duit saat tanggal tua  dan  atur gaji kamu supaya gak numpang lewat aja  kamu perlu punya 5 jenis investasi ini nih.  Mama Angrumaoshi coba urutkan 5 jenis investasi yang wajib kamu punya berdasarkan tingkat likuiditasnya yah. Apa itu likuditas? Likuiditas adalah berasal dari kata liquid yang merupakan ciri dari suatu cairan. Jadi jenis investasi yang mudah dan cepat dicairkan menjadi uang sehingga cepat dapat digunakan. 5 jenis investasi tersebut adalah Tabungan/syariah. Tabungan ini, hampir semua orang mempunyainya. Biasanya sejak kecil kita dibiasakan menabung di celengan, beranjak besar kita pun mulai memindahkan tabungan ini di bank/syariah. Tabungan ini adalah jenis investasi yang paling likuid karena sewaktu-waktu jika dibutuhkan dapat langsung diambil uangnya dan digunakan. Biasanya pos dana darurat, sebagian besar dananya diletakkan di tabungan/syariah, supaya jika terjadi

5 Tips Atur Duit Saat Tanggal Tua

5 Tips Atur Duit Saat Tanggal Tua itu susah susah gampang. Tanggal 20an seperti ini, udah masuk tanggal tua banget ya. Gajian bentar lagi, tapi duit hasil gaji bulan lalu udah mepet banget. Sumber : www.pixabay.com Klo tips dari mama angrumaoshi sih,  mau tanggal tua atau tanggal muda, saat mau belanja itu yang harus dilakukan pertama adalah: Siapkan budget,  mau belanja berapa rupiah nih? Mau belanja apa aja? Cek lemari penyimpanan,  apa saja yang masih ada, apa saja yang sudah habis. Biasakanlah nyetok hanya 1 saja per item. Jadi misal: Minyak masih ada di botol, stok minyak yang belum kebuka cukup ada 1 di lemari penyimpanan. Jangan kebanyakan walau sedang ada diskon juga, karena tempat penyimpanan kamu ya cuma segitu aja serta jangan lupa kalau nyetok banyak2 dilihat expired datenya ya.  Kalau sudah mengetahui apa-apa saja yang harus dibeli, mulailah browsing dari tiap-tiap supermarket, lihatlah yang diskon apa saja, bandingkan harganya antar

5 Tips Atur Gaji Kamu Supaya Gak Numpang Lewat Aja

5 Tips Atur Gaji Kamu Supaya Gak Numpang Lewat Aja, gimana ya caranya?  Detik-detik menjelang gajian di depan mata. Tapi tagihan kartu kredit, bayar listrik, pulsa, kontrakan/kos2an, pun sudah minta untuk dibayar.  Cukup gak ya, gaji aku huhuhu.  Masa cuma numpang lewat aja sih, hiks. Sampai kapan???                sumber : www.pixabay.com 1. Ayo mulai buat perencanaan pemasukan dan pengeluaran rutin bulanan kamu.  Ini wajib ya guys, gak bisa tidak, harus dilakuin kalau kamu gak mau terus-terusan gaji kamu cuma numpang lewat doank untuk bayar ini itu tidak bersisa, atau jangan-jangan malah kurang, berhutang deh. Oh no... Bikin perencanaan pemasukan dan pengeluarannya gak usah yang ribet dan detail dulu deh. Buat yang simpel dan garis besar saja dulu untuk awalan. 2. Contoh untuk yang single tanpa tanggungan. Pemasukan   : Gaji Pengeluaran inti buat menyambung hidup: Bayar kos, listrik, pulsa, bensin/transportasi, makan, belanja kebutuha