Langsung ke konten utama

Menekuni Hobi Itu Bikin Boros Aja atau Malah Bisa Nambah Duit?

5 Hal yang Mesti Dipahami dalam Menekuni Hobi Itu, Bikin Boros Aja atau Malah Bisa Nambah Duit? 

Apalagi di masa pandemi ini ya...

Kalau menurut aku pribadi nih, menekuni hobby itu tergantung bagaimana kita memandangnya dan memaknainya. Hobby yang sama jika dilakukan oleh orang yang berbeda, yang satu bisa bikin nambah duit sedangkan yang lain cuma bikin boros aja. 


Yuk simak 5 hobby yang akan aku ulas dibawah ini, kamu mau jadikan untuk nambah duit atau cuma membuat bengkak pengeluaran kamu saja.

1. Travelling
Travelling pasti butuh uang donk. Jadi pos pengeluaran untuk travelling perlu dipersiapkan dari awal. Bagaimana caranya menjadikan travelling ini hobi yang menghasilkan? Kamu bisa bikin vlog tentang perjalanan kamu ini. Blog juga bisa, kamu tuliskan tentang tempat-tempat berkesan selama perjalanan kamu   jangan lupa foto-fotonya ya. Kalau vlog atau blog kamu banyak yang melihat dan membacanya, lumayan nih nanti banyak yang mau pasang iklan di akun youtube atau blog kamu. 

2. Belanja
Yang doyan belanja. Belanja apa pun. Hayo kalau gak mau kantong jebol, bisa loh buka jasa titip (jastip) belanja. Kamu bisa puas belanja, gak pake uang kamu, tapi hobi yang menyenangkan ini bisa tetap tersalurkan. Kamu tetap update dengan semua barang-batang kesukaan kamu dan cuci mata jalan terus. 

3. Pernak-pernik mobil/motor/sepeds
Suka dengan upgrade pernak-pernik mobil atau motor atau sepeda? Gabung dengan komunitas mobil/motor/sepeda? Boleh kok, kalau bisa bikin hati senang dan itu hobby kamu. Tapi boros donk, beli ini itu. Hmmm, kalau kamu lihat peluang yang menghasilkan ini tentunya tidak boros. Kamu bisa menjadi vendor/supplier/makelar dari teman-teman kamu di komunitas kalau mau cari barang pernak pernik itu. Bahkan kamu juga bisa bikin vlog ketika kamu pasang pernak-pernik kamu dan diulas sisi positif dan negatifnya. Bisa jadi trendsetter loh kamu. 

4. Menyanyi / bermain musik
Nah kalau ini sih, gak perlu merogoh kocek yang dalam ya. Namun bisa menghasilkan kocek yang besar. Kamu bisa jadi penyanyi di acara pernikahan, acara kafe dan dapat bayaran kan. 

5. Olahraga
Ada berbagai macam jenis olahraga yang dapat dijadikan hobby. Ada yang tanpa modal, ada yang mesti keluar uang nih. Tapi yang perlu diingat nih segala macam olah raga ini menghasilkan loh. Tak percaya? Walau tidak melulu menghasilkan dalam bentuk uang tapi yang pasti olah raga ini menghasilkan tubuh yang sehat dan ini tidak bisa diukur dengan uang.  

Nah sudah tercerahkankah tentang hobby. Hobby itu penting untuk kita supaya senantiasa sehat jiwa ya. Jadi gak usah itung-itungan uang ya, namun tetap mesti jeli memanfaatkan peluang mendulang uang melalui hobby kamu. Kebayang kan kalau kamu bekerja yang kamu kerjakan adalah hobby kamu dan menghasilkan uang yang cukup bahkan berlebih untuk kehidupan sehari-hari kamu. 


Yang penting, hobby itu jangan ikut-ikutan orang lain dan jangan karena gengsi atau lagi ngetren aja. Karena kalau ini alasan kamu maka sudah pasti bikin kantong bolong aja dan kamu tak akan menemukan peluang yang bertahan dalam jangka panjangnya untuk menghasilkan uang dari hobby kamu ini. 

Sumber gambar : www.pixabay.com

Komentar

  1. Tulisan yang menginspirasi kakak ^^ Sepenuhnya saya setuju dengan apa yang kakak tulis.. Terima kasih sudah berbagi yah..

    BalasHapus
  2. paling senang berbisnis yang dimulai dari hobi atau passion. Bekerja jadi senang dan tak merasa terbebani tapi tetep dapet cuan

    BalasHapus
  3. Ahahaha...hobiku semua udah kujadiin duit :D Yang paling menyenangkan itu hobi belanja tersalurkan di jalan yang benar. Sekali jastip belanja sekian juta tanpa dihantui rasa bersalah karena boros, dan malah dapat profit :D

    BalasHapus
  4. Setuju... Hobi kalo di bawah tekanan alias ngikutin tren semata malah ngga syahdu. Mening hobi yang beneran bikin nyaman dan sukur-sukur bisa menghasilkan cuan. 😁

    BalasHapus
  5. Hobi koleksi tanaman malah ngabisin duit. Hobi pelihara pet juga ngabisin. Tapi kalo pelihara sapi menghasilkan ya hehehe

    BalasHapus
  6. Menurutku, you are what you think, kalo kita yakin bahwa itu bisa menghasilkan uang itulah yang akan terjadi dalam hidup kita. At least, itu yang aku yakini sih.

    BalasHapus
  7. Setuju. Selama bahagia lakukan saja. Saya juga hobby nonton dari dulu, sampai akhirnya sekarang kalau nonton jadi gratis. Heheh

    BalasHapus
  8. Selama ini menekuni beberapa hobi tapi kalau kita tahu peluang maka hobi bisa jadi menghasilkan dan tidak hanya menghabiskan dana kk.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Irit saat Covid dan Jadikan Kebiasaan Barumu

Semenjak covid-19 melanda, naluri untuk berhemat atau irit kian menjadi. Sejak Maret hingga Agustus 2020 ini, ternyata banyak kebiasaan baru dalam mengelola uang yang sebelumnya tidak aku sadari ternyata besar sekali manfaatnya dalam hal mengelola uang khususnya dalam hal penghematan. Mungkin bukan hanya aku saja yang mengalaminya ya, terlebih kalau mengalami penurunan pendapatan atau kehilangan pekerjaan, otak langsung berpikir pos mana lagi yang dapat dibumi hanguskan selain tentunya berpikir jungkir balik juga peluang apa yang dapat dimanfaatkan untuk menambah pemasukan bulanan. sumber:www.pixabay.com Tips mama angrumaoshi kali ini akan lebih membahas tentang kebiasaan baru yang tercipta dalam rangka meniadakan pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu keluar. 1. Diskon Kalau dulu aku berpikir apa ya nih yang lagi diskon (sambil melihat-lihat katalog promo diskon dimana pun) lalu melancarkan ilmu cucokologi, dicocokkan dengan kebutuhan yang perlu dipenuhi/dibel

Saat Pandemi Covid-19 Masih Amankah Berinvestasi?

Saat situasi sedang pandemi covid-19 seperti ini, jadi takut gak sih mau berinvestasi? Investasi apa yang aman disaat pandemi seperti ini? Indeks Harga Saham roller coaster naik turun. Dollar dan valas pun begitu. Emas meroket naik namun akankah terus seperti itu?  Melipir saja deh ditabung uangnya sambil menjaga dana darurat untuk persediaan bulan-bulan ke depan. Siapa yang tahu kapan kondisi akibat covid-19 akan berakhir. Mau berinvestasi dimana menjadi harus dipikirkan dengan sangat seksama. Kalau menabung pun jangan tergiur dengan suku bunga atau imbal hasil yang tinggi ya. Tabungan itu dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hingga 2 miliar rupiah sepanjang suku bunga atau imbal hasil yang diberikan dibawah atau sama dengan suku bunga penjaminan dari LPS ya (tingkat bunga penjaminan simpanan untuk periode 30 Juli 2020 sampai dengan 30 September 2020, untuk bank umum rupiah 5,25 persen, valas/valuta asing 1,50 persen, sedangkan untuk bank perkreditan rakyat adalah

5 Jenis Investasi Yang Wajib Kamu Punya

5 jenis investasi yang wajib kamu punya dibahas disini nih. Setelah kamu jago  atur duit saat tanggal tua  dan  atur gaji kamu supaya gak numpang lewat aja  kamu perlu punya 5 jenis investasi ini nih.  Mama Angrumaoshi coba urutkan 5 jenis investasi yang wajib kamu punya berdasarkan tingkat likuiditasnya yah. Apa itu likuditas? Likuiditas adalah berasal dari kata liquid yang merupakan ciri dari suatu cairan. Jadi jenis investasi yang mudah dan cepat dicairkan menjadi uang sehingga cepat dapat digunakan. 5 jenis investasi tersebut adalah Tabungan/syariah. Tabungan ini, hampir semua orang mempunyainya. Biasanya sejak kecil kita dibiasakan menabung di celengan, beranjak besar kita pun mulai memindahkan tabungan ini di bank/syariah. Tabungan ini adalah jenis investasi yang paling likuid karena sewaktu-waktu jika dibutuhkan dapat langsung diambil uangnya dan digunakan. Biasanya pos dana darurat, sebagian besar dananya diletakkan di tabungan/syariah, supaya jika terjadi