Langsung ke konten utama

Ingin Belajar tapi Gak Mau Keluar Uang?

Ingin belajar tapi gak mau keluar uang? Bisa banget kok. Apalagi di tengah wabah corona ini, penghematan mesti extra diperketat ditambah kita gak bisa keluar rumah kan. Sekolah-sekolah sudah diliburkan entah sampai kapan. Tahun ajaran baru juga tidak jelas bagaimana nasibnya, membuat semakin galau yang saat ini akan masuk tahun ajaran baru untuk membayar biaya masuk pendidikan yang tidak bisa dibilang murah ya. 

Lalu apa yang bisa kita lakukan ditengah pandemi corona ini. Belajar mesti jalan terus kan? Belajar sendiri saja di rumah. Aplikasi layanan belajar di rumah yang dulu tidak pernah ditengok, mungkin saat kini untuk mulai dicoba dan digunakan. Pemerintah pun juga tidak tinggal diam memanfaatkan jaringan televisi milik pemerintah untuk menayangkan pembelajaran di rumah setiap harinya. 


Berikut jadwal TVRI yang dapat ditonton guna membantu belajar di rumah:

*08.00 - 08.30 - PAUD*
*08.30 - 09.00 - Kelas 1 - 3*
*10.00 - 10.30 - Kelas 4 - 6*
*10.30 - 11.00 - SMP*
*14.00 - 14.30 - SMA*
*14.30 - 15.00 - Parenting*

Selain ini ada aplikasi online di handphone yang biasanya berbayar kali ini digratiskan, dapat juga membantu putra - putri belajar dari rumah. Bahkan ada pula yang mengratiskan kuota untuk mengakses aplikasi ini. Silahkan dicek masing-masing ke provider jaringannya ya. Berikut salah satu informasinya antara lain Ruang Gurupaket aplikasi belajar di rumah via telkomselpaket aplikasi belajar online via XL.

Bagi yang ingin mencoba kuliah online dari berbagai universitas terkenal di belahan dunia lain bisa juga loh. Ada 67 kursus online dari Harvard University Kamu tinggal pilih dari berbagai jenis pilihan mata kuliah yang ada. Universitas bergengsi dunia lainnya  yang tergabung dalam Ivy League juga ikutan loh ada 450 kursus online yang bisa kamu coba. 

Yang masih bingung-bingung mau pilih jurusan apa, juga bisa nih, coba ikut dulu dipilih dan dicoba belajar online dari rumahnya dengan materi berkelas dari universitas bergengsi dunia untuk memantapkan jurusan apa yang kelak akan dipilih untuk melanjutkan kuliah nanti. 

Jadi belajar itu hari gini gak perlu ribet kan, bisa dari rumah, yang berbayar ataupun gratis juga ada. Belajar bahasa inggris juga termasuk loh. Apalagi di tengah pandemi corona seperti ini mungkin yang menginginkan untuk kuliah di luar negeri juga dapat mempertimbangkan opsi untuk kuliah online, selain hemat di biaya hidup, gelar yang didapat juga sama dari universitas berkelas dunia itu. 

Walau demikian, belajar via online dan offline tentunya berbeda ya. Sosialisasi dengan sesama mahasiswa atau pun dengan dosen tidak dapat tergantikan dengan layar komputer. Namun ditengah pandemi corona ini, belajar dari rumah merupakan satu-satunya pilihan yang ada.

Semoga setelah masa pandemi corona berakhir, belajar dari rumah tetap dapat dilakukan walau tidak untuk menggantikan belajar normal secara reguler di sekolah-sekolah atau universitas. 

Ayo tetap semangat, mari kita berdoa bersama, semoga after covid-19 ini kegiatan belajar mengajar, kehidupan bersosialisasi, cara kita menjalani hidup ini dapat kembali seperti semula. Tidak kebayang jika wabah pandemi corona ini berlarut-larut, pastinya akan mengubah dunia, cara kita menjalani hidup akan berbeda total dan silahturahmi serta bersosialisasi hanya dapat dilakukan via layar. Tentunya cara kita mengatur duit baik pemasukan atau pun pengeluaran pun akan berubah seiring dengan berubahnya cara hidup kita. 

Sumber gambar : www.pixabay.com

Komentar

  1. Kalau yang berbahasa Indonesia, ada Youtube. Hehehehe

    Sekarang banyak Youtuber yang memberikan konten edukasi yang bagus di Youtube. Tinggal kemauan kita aja untuk mencarinya

    BalasHapus
  2. Selama masih ada niatan untuk membaca, gue sih berpikiran gak ada alasan lagi buat gak belajar. Lah wong tulisan ini aja udah jelas ngasih tahu gimana seharusnya.

    BalasHapus
  3. TVRI tonton wajib sebelum ada tv2 swasta yg lain.. Alhamdulillah masih ngeksis sampe sekarang siarannya

    BalasHapus
  4. Masyaallah sellau ada cara utk belajar ya. Belajar online itu seru kok. Asal niatnya sama2 menambah ilmu insyaallah juga berkah.

    BalasHapus
  5. Selama niatnya belajar. InsyaAllah apapun medianya harusnya ngga jadi masalah ya mba. Apalagi jadi kesempatan buat kita untuk belajar lebih banyak utak atik aplikasinya. Diambil positifnya aja hihi

    BalasHapus
  6. Semangat lagi belajar on line, tks tulisannya 👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Irit saat Covid dan Jadikan Kebiasaan Barumu

Semenjak covid-19 melanda, naluri untuk berhemat atau irit kian menjadi. Sejak Maret hingga Agustus 2020 ini, ternyata banyak kebiasaan baru dalam mengelola uang yang sebelumnya tidak aku sadari ternyata besar sekali manfaatnya dalam hal mengelola uang khususnya dalam hal penghematan. Mungkin bukan hanya aku saja yang mengalaminya ya, terlebih kalau mengalami penurunan pendapatan atau kehilangan pekerjaan, otak langsung berpikir pos mana lagi yang dapat dibumi hanguskan selain tentunya berpikir jungkir balik juga peluang apa yang dapat dimanfaatkan untuk menambah pemasukan bulanan. sumber:www.pixabay.com Tips mama angrumaoshi kali ini akan lebih membahas tentang kebiasaan baru yang tercipta dalam rangka meniadakan pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu keluar. 1. Diskon Kalau dulu aku berpikir apa ya nih yang lagi diskon (sambil melihat-lihat katalog promo diskon dimana pun) lalu melancarkan ilmu cucokologi, dicocokkan dengan kebutuhan yang perlu dipenuhi/dibel

Saat Pandemi Covid-19 Masih Amankah Berinvestasi?

Saat situasi sedang pandemi covid-19 seperti ini, jadi takut gak sih mau berinvestasi? Investasi apa yang aman disaat pandemi seperti ini? Indeks Harga Saham roller coaster naik turun. Dollar dan valas pun begitu. Emas meroket naik namun akankah terus seperti itu?  Melipir saja deh ditabung uangnya sambil menjaga dana darurat untuk persediaan bulan-bulan ke depan. Siapa yang tahu kapan kondisi akibat covid-19 akan berakhir. Mau berinvestasi dimana menjadi harus dipikirkan dengan sangat seksama. Kalau menabung pun jangan tergiur dengan suku bunga atau imbal hasil yang tinggi ya. Tabungan itu dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hingga 2 miliar rupiah sepanjang suku bunga atau imbal hasil yang diberikan dibawah atau sama dengan suku bunga penjaminan dari LPS ya (tingkat bunga penjaminan simpanan untuk periode 30 Juli 2020 sampai dengan 30 September 2020, untuk bank umum rupiah 5,25 persen, valas/valuta asing 1,50 persen, sedangkan untuk bank perkreditan rakyat adalah

5 Jenis Investasi Yang Wajib Kamu Punya

5 jenis investasi yang wajib kamu punya dibahas disini nih. Setelah kamu jago  atur duit saat tanggal tua  dan  atur gaji kamu supaya gak numpang lewat aja  kamu perlu punya 5 jenis investasi ini nih.  Mama Angrumaoshi coba urutkan 5 jenis investasi yang wajib kamu punya berdasarkan tingkat likuiditasnya yah. Apa itu likuditas? Likuiditas adalah berasal dari kata liquid yang merupakan ciri dari suatu cairan. Jadi jenis investasi yang mudah dan cepat dicairkan menjadi uang sehingga cepat dapat digunakan. 5 jenis investasi tersebut adalah Tabungan/syariah. Tabungan ini, hampir semua orang mempunyainya. Biasanya sejak kecil kita dibiasakan menabung di celengan, beranjak besar kita pun mulai memindahkan tabungan ini di bank/syariah. Tabungan ini adalah jenis investasi yang paling likuid karena sewaktu-waktu jika dibutuhkan dapat langsung diambil uangnya dan digunakan. Biasanya pos dana darurat, sebagian besar dananya diletakkan di tabungan/syariah, supaya jika terjadi