Langsung ke konten utama

5 Tips Hitung Biaya untuk Liburan Kamu


5 tips hitung biaya untuk liburan kamu du tahun 2020 ini. Waw sudah bulan Maret, tinggal 9 bulan lagi di tahun 2020 ini. Masih semangat untuk liburan 2020? Walau ada virus corona, liburan tetap perlu ya, supaya seimbang hidupnya karena dengan liburan dapat merecharge pikiran, jiwa dan raga dari rutinitas kita sehari-hari.

Sudah tentukan belum destinasi wisata untuk lokasi traveling impian kamu di tahun 2020 ini? 

Credit to : www.pixabay.com

Setelah tentukan lokasi, baru deh bisa kamu hitung-hitung biaya apa saja ya yang keluar. 


5 tips atur biaya untuk liburan kamu:

Transportasi

  • Ada biaya transportasi menuju lokasi wisata, ada pula biaya transportasi selama di kota/negara wisata tersebut. 
  • Misalnya kamu mau ke Bali, transportasi menuju Bali bisa via udara/darat+laut (membawa kendaraan pribadi), transportasi selama di Balinya apakah akan menyewa mobil/motor atau dengan kendaraan pribadi. 
  • Pesanlah tiket jauh-jauh hari untuk berburu tiket murah dan googlinglah promo-promo yang sering disediakan oleh berbagai aplikasi dan perbankan.

Akomodasi

  • Kamu juga harus menentukan mau menginap dimana? Hotel berbintangkah, losmen, atau di rumah saudara. Setiap pilihan akan mempengaruhi biaya yang akan keluar. Hitung juga biaya makan pagi, siang dan malam kamu ya.
  • Pesan tiket hotel jauh-jauh hari dan googlinglah promo-promo yang sering disediakan oleh berbagai aplikasi dan perbankan. 

Tiket tempat wisata

  • Ada berbagai tempat wisata di kota wisata tersebut. Tentukan sedari awal ittinery, kamu mau ke tempat wisata apa saja cocokkan dengan jumlah hari kamu disana, jangan aji mumpung semua tempat wisata mau didatangi. Nanti bisa bikin kantong jebol, dan terburu-buru sehingga tidak menikmati. Belum lagi kalau kamu jadi jatuh sakit karena kecapaian, liburan kamu bisa bubar disana.  
  • Googling harga tiket tempat wisata jauh-jauh hari dan pilihlah promo-promo yang sering disediakan oleh berbagai aplikasi dan perbankan. Baiknya beli tiketnya saat sudah di lokasi, jika via online lebih murah atau ada diskon beli saja online saat sudah di lokasi, hemat antrian, waktu dan biaya. Jika membeli di loket, tanyalah ada promo apa saja (menggunakan kartu bank tertentu). 
  • Mengapa tidak jauh-jauh hari, takutnya ketika kamu sampai di lokasi ada beberapa wahana tidak beroperasi atau hujan sehingga kamu urung ke tempat wisata tersebut, uang kamu tidak hangus kan.

Oleh-oleh

  • Biaya oleh-oleh juga sebaiknya sudah kamu batasi sebelum kamu berangkat. Jumlah orang yang akan kamu berikan oleh-oleh juga sebaiknya kamu tentukan dan hitung dengan seksama. Karena biaya oleh-oleh ini jika tidak direncanakan dan dibatasi sedari awal bisa membuat pengeluaran kamu membengkak.
  • Belilah oleh-oleh di tempat yang menjual secara grosir/lusinan jika kamu akan membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak.  Hindari oleh-oleh makanan yang cepat basi. 

Biaya tak terduga

  • Walau sedang liburan tetap harus menyiapkan biaya tak terduga selama berlibur. Manusia boleh berencana namun Tuhan yang menentukan, bisa saja ada sesuatu terjadi ketika kamu sedang berlibur yang membutuhkan mengeluarkan biaya tambahan.
  • Contohnya:  kamu tiba-tiba sakit ketika berlibur, ada dana untuk kamu ke dokter (pastikan kartu asuransi kesehatan dibawa kemana pun kamu pergi dan cek apakah dapat berlaku di kota/negara tujuan wisata kamu). Kamu tiba-tiba harus pulang lebih dahulu karena alasan keluarga/kantor/berita duka dll  sehingga harus membeli tiket pulang atau menambah biaya reschedule tiket.  
Nah sudah paham kan biaya apa saja yang mesti kamu hitung sebelum kamu bersiap untuk liburan. Setelah kamu sudah menentukan lokasi dan jumlah biaya untuk liburan kamu, pertanyaan selanjutnya adalah...

Bagaimana ya cara mengumpulkan duit untuk membiayai liburanku di tahun 2020 ini?

Baca post aku selanjutnya ya. ^__^

5 Trik Cara untuk Biayai Liburan Kamu


Credit to : www.pixabay.com

Komentar

  1. Kadamg2 booking tiket online biaa lebih murah juga. Makanya kalo sebelum jalan aku rajin juga buka2 situs online. Lumayan banget kan klo ada diskon bisa ngurangi budget dikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba hunting-huntung jauh-jauh hari penting nih.

      Hapus
  2. Iya harus jauh-jauh hari cari transportasinya ya mbak. Saya pernah telat cari mobil carteran jadi batal deh pikniknya, padahal saat itu anggota keluarga udah kumpul semua. Huhuhu, syedihhhh ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, transportasi di lokasi tujuan wisata juga mesti diperhatikan dan disiapkan :)

      Hapus
  3. Wiih, kak... Bagus tulisannya, untuk pertanyaan paling terakhir, itu bisa gak y kalo kakak yang ngasih tau saya jawabannya apa.. 😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu postingan selanjutnya yaaa, silahkan follow blognya :)

      Hapus
  4. Trik yg bagus nih...liburan nyaman, hati senang, kantong pun tetap aman. Begitu ya harapannya..

    BalasHapus
  5. Ini penting banget sih, biar nggk over budged, aplagi klo yg namanya liburan harus terperinci khususnya soal biaya

    BalasHapus
  6. Semoga ada rezekinya piknik, lagi banyak pengeluaran untuk anak wedok yang mau masuk SMP, semoga Corona segera reda..

    BalasHapus
  7. Nah kebetulan banget baca ini. Pertengahan tahun nanti aku ada rencana mau liburan ke luar pulau. Berarti mesti direncanain dari sekarang ya perhitungan biayanya. Atau beli tiketnya bisa dicicil dari skrg nih biar masih murah.

    BalasHapus
  8. setuju, liburan butuh biar tetep waras ya hehehe, tapi aku tuh jarang beli oleh-oleh kalau pas liburan, males bawaannya hahaha

    BalasHapus
  9. Betul banget, perencanaan untuk liburan harus dilakukan. Kayak pesan tiket jauh sebelumnya, bisa dapat harga promo. Aku beberapa kali booking tiket dapat harga murah. Tapi kalo liburan dadakan pun kami sering juga. Biasanya suami yang ngajak, karena ingin ganti suasana setelah dua Minggu atau sebulan kerja. Paling pergi nya di kawasan Jawa tengah. Yang hemat dan bisa dilakukan setiap waktu

    BalasHapus
  10. Aku nih yang biasanya kalo mau liburan pasti udah nyiapin dari jauh-jauh hari, soalnya aku type orang yg gampang kuatir kalo-kalo terjadi sesuatu pas liburan nanti. Meski begitu pernah juga liburan dadakan si, tapi paling ke tempat yg deket2 aja. By The way, makasih tips nya ya. Bakalan kepake banget buat ngrencanain liburan lagi

    BalasHapus
  11. Yang penting tu niatnya sih buat ngatur duit. Kalau nggak ada niat, males-malesan ya susah

    BalasHapus
  12. Kadang oleh oleh memang jadi bagian yang bikin budget membengkak. Pengennya beli oleh2 buat sekampung.. Hehee.. .

    BalasHapus
  13. Nah, saat merencanakan liburan, yg paling ngeselin adalah....selalu suamiku tuh ngajaknya dadakan. Mau booking hotel dan segala macem klo hari H kan susah juga toh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Irit saat Covid dan Jadikan Kebiasaan Barumu

Semenjak covid-19 melanda, naluri untuk berhemat atau irit kian menjadi. Sejak Maret hingga Agustus 2020 ini, ternyata banyak kebiasaan baru dalam mengelola uang yang sebelumnya tidak aku sadari ternyata besar sekali manfaatnya dalam hal mengelola uang khususnya dalam hal penghematan. Mungkin bukan hanya aku saja yang mengalaminya ya, terlebih kalau mengalami penurunan pendapatan atau kehilangan pekerjaan, otak langsung berpikir pos mana lagi yang dapat dibumi hanguskan selain tentunya berpikir jungkir balik juga peluang apa yang dapat dimanfaatkan untuk menambah pemasukan bulanan. sumber:www.pixabay.com Tips mama angrumaoshi kali ini akan lebih membahas tentang kebiasaan baru yang tercipta dalam rangka meniadakan pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu keluar. 1. Diskon Kalau dulu aku berpikir apa ya nih yang lagi diskon (sambil melihat-lihat katalog promo diskon dimana pun) lalu melancarkan ilmu cucokologi, dicocokkan dengan kebutuhan yang perlu dipenuhi/dibel

Saat Pandemi Covid-19 Masih Amankah Berinvestasi?

Saat situasi sedang pandemi covid-19 seperti ini, jadi takut gak sih mau berinvestasi? Investasi apa yang aman disaat pandemi seperti ini? Indeks Harga Saham roller coaster naik turun. Dollar dan valas pun begitu. Emas meroket naik namun akankah terus seperti itu?  Melipir saja deh ditabung uangnya sambil menjaga dana darurat untuk persediaan bulan-bulan ke depan. Siapa yang tahu kapan kondisi akibat covid-19 akan berakhir. Mau berinvestasi dimana menjadi harus dipikirkan dengan sangat seksama. Kalau menabung pun jangan tergiur dengan suku bunga atau imbal hasil yang tinggi ya. Tabungan itu dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hingga 2 miliar rupiah sepanjang suku bunga atau imbal hasil yang diberikan dibawah atau sama dengan suku bunga penjaminan dari LPS ya (tingkat bunga penjaminan simpanan untuk periode 30 Juli 2020 sampai dengan 30 September 2020, untuk bank umum rupiah 5,25 persen, valas/valuta asing 1,50 persen, sedangkan untuk bank perkreditan rakyat adalah

5 Jenis Investasi Yang Wajib Kamu Punya

5 jenis investasi yang wajib kamu punya dibahas disini nih. Setelah kamu jago  atur duit saat tanggal tua  dan  atur gaji kamu supaya gak numpang lewat aja  kamu perlu punya 5 jenis investasi ini nih.  Mama Angrumaoshi coba urutkan 5 jenis investasi yang wajib kamu punya berdasarkan tingkat likuiditasnya yah. Apa itu likuditas? Likuiditas adalah berasal dari kata liquid yang merupakan ciri dari suatu cairan. Jadi jenis investasi yang mudah dan cepat dicairkan menjadi uang sehingga cepat dapat digunakan. 5 jenis investasi tersebut adalah Tabungan/syariah. Tabungan ini, hampir semua orang mempunyainya. Biasanya sejak kecil kita dibiasakan menabung di celengan, beranjak besar kita pun mulai memindahkan tabungan ini di bank/syariah. Tabungan ini adalah jenis investasi yang paling likuid karena sewaktu-waktu jika dibutuhkan dapat langsung diambil uangnya dan digunakan. Biasanya pos dana darurat, sebagian besar dananya diletakkan di tabungan/syariah, supaya jika terjadi