Langsung ke konten utama

5 Hal tentang SR012 (Obligasi Negara Ritel Indonesia berbasis Syariah) yang Kamu Perlu Tahu

5 Hal tentang SR012 (Obligasi Negara Ritel Indonesia berbasis Syariah) yang kamu perlu tahu nih teman-teman.


24 Februari 2020 mulai ditawarkan SR012 !

Yuk siap-siap sisihkan gajimu untuk investasi disini khususnya yang nyaman dengan berbasis syariah. 

Ada yang belum tau SR itu apa? 


Yuk simak 5 hal yang kamu perlu tau tentang SR.

  1. Pengertian SR. SR adalah kepanjangan dari Sukuk Ritel / Sukri. Sukuk (bahasa Arab: صكوك‎, bentuk jamak dari صك Shak, "instrumen legal, amal, cek") adalah istilah dalam bahasa Arab yang digunakan untuk obligasi yang berdasarkan prinsip syariah.Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Jadi SR ini adalah versi syariah dari ORI (Obligasi Ritel Indonesia).
  2. Struktur akad Ijarah - Asset to be Leased digunakan dalam penerbitan SR012 ini.Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Jadi dengan ikut serta berinvestasi pada SR ini maka kita turut membantu negara dalam membangun negeri ini. Salah satu contoh proyek yang akan dibiayai oleh SR seri 011 kemarin antara lain gedung perkuliahan Institut Teknologi Sumatera di Lampung (ITERA), Laboratorium Bio Safety Level 3 LIPI di Jawa Barat dan proyek pemerintah lainnya.
  3. Imbal hasil berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut. Untuk SR seri 012 yang akan ditawarkan 24 Februari - 18 Maret 2020 ini, imbal hasil yang diberikan adalah tetap di angka 6,3 persen/tahun gross (belum dipotong pajak atau setara dengan 6,69 persen deposito syariah).
  4. SR012 ini mempunyai jangka waktu 3 tahun dan jatuh tempo pada 10 Maret 2023 namun dapat dijual sebelum tanggal jatuh tempo tersebut.
  5. Hanya dengan minimal 1 juta rupiah sudah dapat membeli SR012 ini loh dan membantu negara dalam membangun negeri ini. Dan ternyata ada maksimalnya yaitu 3 Milyar rupiah per individu.

Udah tau kan apa itu SR012, yuk siapkan danamu ikutan investasi disini sembari membantu negara membangun negeri.

Baca juga : 5-jenis-investasi-yang-wajib-kamu-punya

Sumber: www.kemenkeu.go.id

Komentar

  1. Jadi tertarik. Daripada ditabung yang kena pajak dan biaya admin. Mending ini, yah? Makasih Kakak pencerahannya 😊

    BalasHapus
  2. Termotivasi untuk investasi

    BalasHapus
  3. Noted mbaa. Terimakasih artikelnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Investasi Yang Wajib Kamu Punya

5 jenis investasi yang wajib kamu punya dibahas disini nih. Setelah kamu jago  atur duit saat tanggal tua  dan  atur gaji kamu supaya gak numpang lewat aja  kamu perlu punya 5 jenis investasi ini nih.  Mama Angrumaoshi coba urutkan 5 jenis investasi yang wajib kamu punya berdasarkan tingkat likuiditasnya yah. Apa itu likuditas? Likuiditas adalah berasal dari kata liquid yang merupakan ciri dari suatu cairan. Jadi jenis investasi yang mudah dan cepat dicairkan menjadi uang sehingga cepat dapat digunakan. 5 jenis investasi tersebut adalah Tabungan/syariah. Tabungan ini, hampir semua orang mempunyainya. Biasanya sejak kecil kita dibiasakan menabung di celengan, beranjak besar kita pun mulai memindahkan tabungan ini di bank/syariah. Tabungan ini adalah jenis investasi yang paling likuid karena sewaktu-waktu jika dibutuhkan dapat langsung diambil uangnya dan digunakan. Biasanya pos dana darurat, sebagian besar dananya diletakkan di tabungan/syariah, supaya jika terjadi

Tips Irit saat Covid dan Jadikan Kebiasaan Barumu

Semenjak covid-19 melanda, naluri untuk berhemat atau irit kian menjadi. Sejak Maret hingga Agustus 2020 ini, ternyata banyak kebiasaan baru dalam mengelola uang yang sebelumnya tidak aku sadari ternyata besar sekali manfaatnya dalam hal mengelola uang khususnya dalam hal penghematan. Mungkin bukan hanya aku saja yang mengalaminya ya, terlebih kalau mengalami penurunan pendapatan atau kehilangan pekerjaan, otak langsung berpikir pos mana lagi yang dapat dibumi hanguskan selain tentunya berpikir jungkir balik juga peluang apa yang dapat dimanfaatkan untuk menambah pemasukan bulanan. sumber:www.pixabay.com Tips mama angrumaoshi kali ini akan lebih membahas tentang kebiasaan baru yang tercipta dalam rangka meniadakan pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu keluar. 1. Diskon Kalau dulu aku berpikir apa ya nih yang lagi diskon (sambil melihat-lihat katalog promo diskon dimana pun) lalu melancarkan ilmu cucokologi, dicocokkan dengan kebutuhan yang perlu dipenuhi/dibel

Saat Pandemi Covid-19 Masih Amankah Berinvestasi?

Saat situasi sedang pandemi covid-19 seperti ini, jadi takut gak sih mau berinvestasi? Investasi apa yang aman disaat pandemi seperti ini? Indeks Harga Saham roller coaster naik turun. Dollar dan valas pun begitu. Emas meroket naik namun akankah terus seperti itu?  Melipir saja deh ditabung uangnya sambil menjaga dana darurat untuk persediaan bulan-bulan ke depan. Siapa yang tahu kapan kondisi akibat covid-19 akan berakhir. Mau berinvestasi dimana menjadi harus dipikirkan dengan sangat seksama. Kalau menabung pun jangan tergiur dengan suku bunga atau imbal hasil yang tinggi ya. Tabungan itu dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hingga 2 miliar rupiah sepanjang suku bunga atau imbal hasil yang diberikan dibawah atau sama dengan suku bunga penjaminan dari LPS ya (tingkat bunga penjaminan simpanan untuk periode 30 Juli 2020 sampai dengan 30 September 2020, untuk bank umum rupiah 5,25 persen, valas/valuta asing 1,50 persen, sedangkan untuk bank perkreditan rakyat adalah