Langsung ke konten utama

5 Hal tentang SR012 (Obligasi Negara Ritel Indonesia berbasis Syariah) yang Kamu Perlu Tahu

5 Hal tentang SR012 (Obligasi Negara Ritel Indonesia berbasis Syariah) yang kamu perlu tahu nih teman-teman.


24 Februari 2020 mulai ditawarkan SR012 !

Yuk siap-siap sisihkan gajimu untuk investasi disini khususnya yang nyaman dengan berbasis syariah. 

Ada yang belum tau SR itu apa? 


Yuk simak 5 hal yang kamu perlu tau tentang SR.

  1. Pengertian SR. SR adalah kepanjangan dari Sukuk Ritel / Sukri. Sukuk (bahasa Arab: صكوك‎, bentuk jamak dari صك Shak, "instrumen legal, amal, cek") adalah istilah dalam bahasa Arab yang digunakan untuk obligasi yang berdasarkan prinsip syariah.Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Jadi SR ini adalah versi syariah dari ORI (Obligasi Ritel Indonesia).
  2. Struktur akad Ijarah - Asset to be Leased digunakan dalam penerbitan SR012 ini.Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Jadi dengan ikut serta berinvestasi pada SR ini maka kita turut membantu negara dalam membangun negeri ini. Salah satu contoh proyek yang akan dibiayai oleh SR seri 011 kemarin antara lain gedung perkuliahan Institut Teknologi Sumatera di Lampung (ITERA), Laboratorium Bio Safety Level 3 LIPI di Jawa Barat dan proyek pemerintah lainnya.
  3. Imbal hasil berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut. Untuk SR seri 012 yang akan ditawarkan 24 Februari - 18 Maret 2020 ini, imbal hasil yang diberikan adalah tetap di angka 6,3 persen/tahun gross (belum dipotong pajak atau setara dengan 6,69 persen deposito syariah).
  4. SR012 ini mempunyai jangka waktu 3 tahun dan jatuh tempo pada 10 Maret 2023 namun dapat dijual sebelum tanggal jatuh tempo tersebut.
  5. Hanya dengan minimal 1 juta rupiah sudah dapat membeli SR012 ini loh dan membantu negara dalam membangun negeri ini. Dan ternyata ada maksimalnya yaitu 3 Milyar rupiah per individu.

Udah tau kan apa itu SR012, yuk siapkan danamu ikutan investasi disini sembari membantu negara membangun negeri.

Baca juga : 5-jenis-investasi-yang-wajib-kamu-punya

Sumber: www.kemenkeu.go.id

Komentar

  1. Jadi tertarik. Daripada ditabung yang kena pajak dan biaya admin. Mending ini, yah? Makasih Kakak pencerahannya 😊

    BalasHapus
  2. Termotivasi untuk investasi

    BalasHapus
  3. Noted mbaa. Terimakasih artikelnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Investasi Yang Wajib Kamu Punya

5 jenis investasi yang wajib kamu punya dibahas disini nih.
Setelah kamu jago atur duit saat tanggal tua dan atur gaji kamu supaya gak numpang lewat aja kamu perlu punya 5 jenis investasi ini nih. 
Mama Angrumaoshi coba urutkan 5 jenis investasi yang wajib kamu punya berdasarkan tingkat likuiditasnya yah. Apa itu likuditas?
Likuiditas adalah berasal dari kata liquid yang merupakan ciri dari suatu cairan. Jadi jenis investasi yang mudah dan cepat dicairkan menjadi uang sehingga cepat dapat digunakan.
5 jenis investasi tersebut adalah
Tabungan/syariah. Tabungan ini, hampir semua orang mempunyainya. Biasanya sejak kecil kita dibiasakan menabung di celengan, beranjak besar kita pun mulai memindahkan tabungan ini di bank/syariah. Tabungan ini adalah jenis investasi yang paling likuid karena sewaktu-waktu jika dibutuhkan dapat langsung diambil uangnya dan digunakan. Biasanya pos dana darurat, sebagian besar dananya diletakkan di tabungan/syariah, supaya jika terjadi apa-apa yang tidak dikehen…

5 Tips Atur Duit Saat Tanggal Tua

5 Tips Atur Duit Saat Tanggal Tua itu susah susah gampang.
Tanggal 20an seperti ini, udah masuk tanggal tua banget ya. Gajian bentar lagi, tapi duit hasil gaji bulan lalu udah mepet banget.

Klo tips dari mama angrumaoshi sih,  mau tanggal tua atau tanggal muda, saat mau belanja itu yang harus dilakukan pertama adalah:
Siapkan budget, mau belanja berapa rupiah nih? Mau belanja apa aja?Cek lemari penyimpanan, apa saja yang masih ada, apa saja yang sudah habis. Biasakanlah nyetok hanya 1 saja per item. Jadi misal: Minyak masih ada di botol, stok minyak yang belum kebuka cukup ada 1 di lemari penyimpanan.Jangan kebanyakan walau sedang ada diskon juga, karena tempat penyimpanan kamu ya cuma segitu aja serta jangan lupa kalau nyetok banyak2 dilihat expired datenya ya. Kalau sudah mengetahui apa-apa saja yang harus dibeli, mulailah browsing dari tiap-tiap supermarket, lihatlah yang diskon apa saja, bandingkan harganya antar supermarket. Belilah yang sedang diskon di supermarket tersebut. Jika…

Ingin Belajar tapi Gak Mau Keluar Uang?

Ingin belajar tapi gak mau keluar uang? Bisa banget kok. Apalagi di tengah wabah corona ini, penghematan mesti extra diperketat ditambah kita gak bisa keluar rumah kan. Sekolah-sekolah sudah diliburkan entah sampai kapan. Tahun ajaran baru juga tidak jelas bagaimana nasibnya, membuat semakin galau yang saat ini akan masuk tahun ajaran baru untuk membayar biaya masuk pendidikan yang tidak bisa dibilang murah ya. 
Lalu apa yang bisa kita lakukan ditengah pandemi corona ini. Belajar mesti jalan terus kan? Belajar sendiri saja di rumah. Aplikasi layanan belajar di rumah yang dulu tidak pernah ditengok, mungkin saat kini untuk mulai dicoba dan digunakan. Pemerintah pun juga tidak tinggal diam memanfaatkan jaringan televisi milik pemerintah untuk menayangkan pembelajaran di rumah setiap harinya. 

Berikut jadwal TVRI yang dapat ditonton guna membantu belajar di rumah:
*08.00 - 08.30 - PAUD* *08.30 - 09.00 - Kelas 1 - 3* *10.00 - 10.30 - Kelas 4 - 6* *10.30 - 11.00 - SMP* *14.00 - 14.30 - SMA* *14.30…