Langsung ke konten utama

5 Tips Atur Duit Saat Tanggal Tua

5 Tips Atur Duit Saat Tanggal Tua itu susah susah gampang.

Tanggal 20an seperti ini, udah masuk tanggal tua banget ya. Gajian bentar lagi, tapi duit hasil gaji bulan lalu udah mepet banget.

Sumber : www.pixabay.com

Klo tips dari mama angrumaoshi sih, 

mau tanggal tua atau tanggal muda, saat mau belanja itu yang harus dilakukan pertama adalah:

  1. Siapkan budget, 

  • mau belanja berapa rupiah nih? Mau belanja apa aja?

  1. Cek lemari penyimpanan, 

  • apa saja yang masih ada, apa saja yang sudah habis. Biasakanlah nyetok hanya 1 saja per item. Jadi misal: Minyak masih ada di botol, stok minyak yang belum kebuka cukup ada 1 di lemari penyimpanan.
  • Jangan kebanyakan walau sedang ada diskon juga, karena tempat penyimpanan kamu ya cuma segitu aja serta jangan lupa kalau nyetok banyak2 dilihat expired datenya ya. 

  1. Kalau sudah mengetahui apa-apa saja yang harus dibeli, mulailah browsing dari tiap-tiap supermarket, lihatlah yang diskon apa saja, bandingkan harganya antar supermarket. 

  • Belilah yang sedang diskon di supermarket tersebut. 
  • Jika ada kebutuhan yang diperlukan namun tidak mendesak dan sedang tidak diskon, ditunda saja ke minggu depan. 
  • Karena berdasarkan pengalaman, barang yang diskon itu, akan muter kok, minggu ini merk A, ninggu depan merak B. 
  • Dan biasanya merk yang sama juga akan diskon di berbagai supermarket. Tinggal bandingin saja ya.
  • Btw, jangan lupa juga kalo memang supermarketnya jauh dan antri juga, tetaplah pilih yang terdekat, hemat biaya bensin/parkir dan waktu juga.

  1. Tanggal tua makan diluar? 

  • Masih bisa gak ya? Kamu pinter-pinter aja lihat diskon di restoran favorit kamu, bisa browsing juga. 
  • Bahkan pesen online terkadang jauh lebih murah daripada kamu datang dan makan di restorannya, karena banyak promo, waktu kamu juga gak kebuang untuk antri, cari parkir dan biaya parkirnya juga. Tau sendiri kan cari parkir di mall itu apalagi saat weekend duh menguras emosi. 
  • Makan rasa resto tapi di rumah juga bisa romantis loh. Kamu tinggal set dan hias meja makan rumah kamu ala-ala di resto. Jadi deh candle light dinner di rumah yang gak kalah romantis.

  1. Kalau bisa nih ya, jangan sampai berhutang. 

  • Apalagi untuk kebutuhan konsumtif. Saat ini banyak sekali tawaran pinjaman baik online maupun offline yang sangat mudah cairnya. 

  • Namun apakah kamu mudah juga untuk melunasinya? 

  • Ingat ya jangan gali lubang tutup lubang. Hutang itu harus dibayar. Jangan sampai merepotkan orang-orang terdekat kamu. Hutang itu dibawa mati loh. 
  • Kalau memang lagi seret pendapatan kamu, tapi kamu ingin makan di mall, nonton bioskop, ngopi-ngopi cantik, tunda dulu keinginan kamu hingga pendapatan kamu gak seret. 
  • Boleh banget kok memanjakan diri asal gak pake hutang ya. 

Teman-teman ada tips lainkah? Boleh donk cerita di comment dibawah ini. Kalau tips ala kamu apa aja nih?


Komentar

  1. jika pengen sesuatu, tunggu 10 menit dulu..hehe kalau pengen beli sesuatu tunggu 3 hari dulu.. maih kepengen apa ndak, kalau masih beli, kalau ragu ndak usah.
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuuu diendapkan dulu untuk menghindari spontanious buying.

      Hapus
  2. Assalamualaikum Kak. Pian dapat Liebster Award dariku

    https://mzaini30.com/welcome-to-liebster-award-0125.html

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Setuju nih. Sebelum belanja saya memang melakukan perencanaan dulu dan menentukan jumlah anggaran supaya barang yang dibeli sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  5. Beli yg dibutuhkan bukan yang diinginkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul seratus. Semoga prakteknya pun semudah teorinya yah.

      Hapus
  6. Bener banget, jangan sampe deh ngutang untuk hal-hal yang tidak urgent banget. Apalagi hanya untuk memenuhi gaya hidup kekinian, duuhh... bisa jebol beneran kalau apa2 diturutin ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul jangan deh sampai berhutang kalau untuk konsumtif.

      Hapus
  7. Huwa makasih mba Cin, mengajarkanku akan kesederhanaan yang harus disyukuri dan jangan berlebihan untuk membeli seperlunya.

    BalasHapus
  8. Manajemen keuangan kukudu bgt diberlakukan di era apa2 serba digital gini ya, biar ngga bocor2 halus terus cuma gegara belanja atau jajan2 tanpa pertimbangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul bocor alus lama-lama kalau banyak ya jadi air bah juga mba. Hehehe.

      Hapus
  9. Rajin browsing cari promo dan diskon tu penting juga ya ternyata. Lumayan bisa ngirit pengeluaran. Makasih tipsnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe betul mba, apalagi sekarang sudah banyak website khusus isinya promo diskon dari semua supermarket dan selalu diupdate. Atau kalau aku sih follow Linenya supermarket
      bank, cashless dkk tersebut. Lumayan jadi yang pertama untuk tau diskon2an, karena ada notif dari Linenya.

      Hapus
  10. Trims untik sharingnya mba.. pas banget nih buat aku yg kadangkala bingung di akhir bulan hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami3. Yuks irit tanggal tua menuju tanggal muda nih.

      Hapus
  11. Wah, tips yang bermanfaat. Saya juga per tahun ini sedang berusaha mengatur keuangan lebih baik. Kalau saya sedang menerapkan tips danshari itu, yang ala-ala minimalis tapi di keuangan.

    BalasHapus
  12. Pengeluaranku sering banyak bocor di bagian jajan. Soalnya kalau malas makan akhirnya jajan deh.. untung sekarang udah mulai ketemu cara jitu menghindari jajan. Hehe

    BalasHapus
  13. Bermanfaat banget nih tipsnya apalagi sekarang pas tanggal tua hihihi.. Kalo aku mending di rumah aja, jangan keluar2 banyak godaan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, namun dunia online pun walau di rumah juga bisa menjadi godaan yang patut dijagain, hehehe.

      Hapus
  14. Kalau aku nih mbak sering ngumpulin uang kembalian yg koin, jadi uang itu pasti bermanfaat di tanggal tua. Ya buat beli brambang masih bisa. Sama memanfaatkan pekarangan buat nanem sayuran jadi bisa hemat belanjaan gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide jitu nih. Koin jadi bermanfaat bangetvya di tanggal tua. Trus bisa makan sayur di akhir bulan tinggal petik aja ya. Nice idea.

      Hapus
  15. Berusaha menahan keinginan, beli yang dibutuhkan saja, penuhi hal pokok dulu deh tiap bulan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh vs Ingin bener2 harus diketahui dan dipahami yah.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Irit saat Covid dan Jadikan Kebiasaan Barumu

Semenjak covid-19 melanda, naluri untuk berhemat atau irit kian menjadi. Sejak Maret hingga Agustus 2020 ini, ternyata banyak kebiasaan baru dalam mengelola uang yang sebelumnya tidak aku sadari ternyata besar sekali manfaatnya dalam hal mengelola uang khususnya dalam hal penghematan. Mungkin bukan hanya aku saja yang mengalaminya ya, terlebih kalau mengalami penurunan pendapatan atau kehilangan pekerjaan, otak langsung berpikir pos mana lagi yang dapat dibumi hanguskan selain tentunya berpikir jungkir balik juga peluang apa yang dapat dimanfaatkan untuk menambah pemasukan bulanan. sumber:www.pixabay.com Tips mama angrumaoshi kali ini akan lebih membahas tentang kebiasaan baru yang tercipta dalam rangka meniadakan pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu keluar. 1. Diskon Kalau dulu aku berpikir apa ya nih yang lagi diskon (sambil melihat-lihat katalog promo diskon dimana pun) lalu melancarkan ilmu cucokologi, dicocokkan dengan kebutuhan yang perlu dipenuhi/dibel

Saat Pandemi Covid-19 Masih Amankah Berinvestasi?

Saat situasi sedang pandemi covid-19 seperti ini, jadi takut gak sih mau berinvestasi? Investasi apa yang aman disaat pandemi seperti ini? Indeks Harga Saham roller coaster naik turun. Dollar dan valas pun begitu. Emas meroket naik namun akankah terus seperti itu?  Melipir saja deh ditabung uangnya sambil menjaga dana darurat untuk persediaan bulan-bulan ke depan. Siapa yang tahu kapan kondisi akibat covid-19 akan berakhir. Mau berinvestasi dimana menjadi harus dipikirkan dengan sangat seksama. Kalau menabung pun jangan tergiur dengan suku bunga atau imbal hasil yang tinggi ya. Tabungan itu dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hingga 2 miliar rupiah sepanjang suku bunga atau imbal hasil yang diberikan dibawah atau sama dengan suku bunga penjaminan dari LPS ya (tingkat bunga penjaminan simpanan untuk periode 30 Juli 2020 sampai dengan 30 September 2020, untuk bank umum rupiah 5,25 persen, valas/valuta asing 1,50 persen, sedangkan untuk bank perkreditan rakyat adalah

5 Jenis Investasi Yang Wajib Kamu Punya

5 jenis investasi yang wajib kamu punya dibahas disini nih. Setelah kamu jago  atur duit saat tanggal tua  dan  atur gaji kamu supaya gak numpang lewat aja  kamu perlu punya 5 jenis investasi ini nih.  Mama Angrumaoshi coba urutkan 5 jenis investasi yang wajib kamu punya berdasarkan tingkat likuiditasnya yah. Apa itu likuditas? Likuiditas adalah berasal dari kata liquid yang merupakan ciri dari suatu cairan. Jadi jenis investasi yang mudah dan cepat dicairkan menjadi uang sehingga cepat dapat digunakan. 5 jenis investasi tersebut adalah Tabungan/syariah. Tabungan ini, hampir semua orang mempunyainya. Biasanya sejak kecil kita dibiasakan menabung di celengan, beranjak besar kita pun mulai memindahkan tabungan ini di bank/syariah. Tabungan ini adalah jenis investasi yang paling likuid karena sewaktu-waktu jika dibutuhkan dapat langsung diambil uangnya dan digunakan. Biasanya pos dana darurat, sebagian besar dananya diletakkan di tabungan/syariah, supaya jika terjadi